Rabu, 13 Maret 2019

Image result for identitas nasional

Definisi mengenai Identitas

Identitas menurut Stella Ting Toomey merupakan refleksi diri atau cerminan diri yang berasal dari keluarga, gender, budaya, etnis dan proses sosialisasi. Identitas pada dasarnya merujuk pada refleksi dari diri kita sendiri dan persepsi orang lain terhadap diri kita. Sementara itu, Gardiner W. Harry dan Kosmitzki Corinne melihat identitas sebagai pendefinisian diri seseorang sebagai individu yang berbeda dalam perilaku, keyakinan dan sikap.


Sejarah mengenai Identitas

Identitas berawal dari teori identitas sosial yang dikemukakan oleh Henri Tajfel dan John Turner pada tahun 1979. Teori tersebut awalnya dikembangkan untuk memahami dasar psikologis dari diskriminasi antarkelompok. Tajfel dan Turner berusaha untuk mengidentifikasi kondisi minimal yang akan membawa anggota dari suatu kelompok untuk melakukan diskriminasi terhadap anggota kelompok lain.


 Setelah kita mengetahui dasa-dasar mengenai identitas menurut para ahli, sekarang mari kita ulas apakah yang dimaksud dengan Identitas Nasional tersebut dan apa sih tujuan nya di buat Identitas Nasional.


Identitas nasional


Identitas nasional merujuk pada kebangsaan seseorang.Mayoritas dari masyarakat mengasosiasikan identitas nasional mereka dengan negara di mana mereka dilahirkan.Akan tetapi, identitas nasional dapat juga diperoleh melalui imigrasi dan naturalisasi.
Orang yang identitas nasionalnya berbeda dari tempat ia dilahirkan pada akhirnya akan mulai mengadopsi aspek identitas nasional yang baru.Namun, hal ini tergantung pada keterikatan pada negara yang baru tersebut. Sementara itu, orang yang secara permanen tinggal di negara lain mungkin akan mempertahankan identitas negara tempat ia lahir.

Jadi maksud kalimat diatas,adalah identitas nasional itu seperti hal nya seseorang yang lahir dan tinggal di negara tersebut. Namun ada beberapa orang juga bisa mendapatkan identitas nasional dari negara lain melalui proses Imigrasi dan Naturalisasi.Seseorang yang menetap secara permanen pun akan mempertahankan identitas dari negara dimana ia di lahirkan.

Sumber :

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Identitas

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Identitas#Identitas_nasional

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Blogger templates

Popular Posts

Cari Blog Ini