Jumat, 05 Juli 2019
Grafik Komputer – Blender
Oleh:
Kelompok : 1
Wirandi 36117223
Andi Vivaldi.L 30117689
Aji Santoso 36117753
Jafar Umar 36117910
Muhammad Andhika Ramadhan 33117880
UNIVERSITAS GUNADARMA
Constructive
Solid Geometry ( CSG )
1. Kita lakukan pengaturan awal dengan mengklik Toolbar File
> User Preferences.
2. Pilih Input, lalu tandai pada bagian Emulate
3 Button Mouse and Emulate Numpad lalu
klik Save User Settings.
3. Berilah warna pada objek tersebut.
4. Pastikan kursor berada di tengah-tengah objek
Cube dengan cara menyeleksi Cube tersebut lalu tekan Shift+S dan
pilih Cursor to Selected.
5. Kemudian tambahkan sebuah objek yang sama,
yaitu Cube dengan menekan Shift+A lalu pilih Mesh
> Cube.
6. Atur ukuran dan orientasinya seperti gambar di
bawah ini. Merotasinya searah sumbu Z sebesar 45 derajat dengan menekan R.
7. Seleksi objek Cube, lalu tambahkan modifier
pada bagian properties Object Modifier, pilih Boolean.
8. Kemudian ubah Operation menjadi Difference untuk
melakukan differensiasi, lalu isi Object nya menjadi
nama objek yang kedua, yaitu Cube.001, klik Apply.
9. Seleksi objek Cube.001, kemudian
pindahkan dengan menekan G lalu Y (untuk
memindahkan objek mengikuti sumbu Y). Tekan Shift+Z untuk
melihat tampilan rendernya.
VISUAL SURFACE DETERMINATION( VSD )
1. Tekan huruf S+Z untuk memperkecil kubus , tekan huruf S+Y untuk me lebarkan meja.
2.Ubah dari Object mode ke Edit mode lalu buat garis dengan
menggunakan CTRL+R , agar garis nya
menjadi seperti berikut . Setelah itu klik kotak yang kuning
dan tekan Shift+klik kanan pada
ujung-ujung nya
3. Pilih view ->
left . Lalu klik huruf
E untuk membuat kaki mejanya
4.
Beri warna sesuai yang kita inginkan