Selasa, 08 Januari 2019

Materi Kelompok
  1.    Penerapan Sistem Informasi di Perusahaan
2     2.    Cara kerja sistem informasi dalam Perusahaan “Ojek Online ( GO JEK) “
3     3.    Kelebihan dan Kekurangan
4     4.    Sistem Pembayaran ( Transaksi )

d  Disusun oleh :
·       -    Wirandi ( 36117223 )
·       -   Aji Santoso ( 36117753 )
·       -   Andi Vivaldi L. ( 30117689 )
·       -  Clarasati Hilwana (31117379 )
·       -  Fazar Pebriana (32117273 )



Penerapan Sistem Informasi dalam Perusahaan

Hasil gambar untuk logo gojek hd


Ketergantungan akan sistem informasi di era modern ini merupakan hal yang masif dirasakan oleh semua kalangan. Pemanfaatan teknologi untuk sistem informasi manajemen pun mulai ramai digunakan oleh perusahaan-perusahaan star up, ini membuktikan bahwa tak hanya perusahaan sekelas multi nasional atau perusahaan yang terbilang besar saja yang menerapkan sistem informasi manajemen ini.


Perusahaan Go-jek

Memanfaatkan teknologi smart phone yang berbasis OS Android atau OS I-Phone.Aplikasi ini berguna untuk melayani jasa baik itu antar jemput, pesan makanan, atau jasa pengantaran lainnya agar lebih dekat dan lebih menjaring customer. Aplikasi Go jek dengan besar 44MB tidak terlalu besar untuk ukuran software.

Kemanapun dan dimanapun sistem informasi  telah banyak dimanfaatkan oleh organisasi atau perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan atau konsumen seperti halnya Go-jek. Sistem informasi ini terhubung kedalam jaringan besar yaitu internet sehingga memudahkan baik itu dari pihak perusahaan maupun pelanggan atau konsumen. Dengan adanya internet juga perusahaan terbantu dalam memperluas jangkauannya, jika kita memasang aplikasi Go-jek maka akan bertebaran aramada-armadanya di peta dapat dikatakan seperti GPS.

Era modern ini posisi teknologi komputer dipandang penting sebagai alat untuk otomasisasi proses sehingga menjadi faktor essensial dalam menetapkan strategi bisnis.Menggabungkan sistem informasi manajemen berbasis komputer dengan strategi bisnis merupakan langkah berlian untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dari pesaing.



Cara kerja sistem informasi dalam Ojek Online
( GO JEK)


Seperti taksi Blue Bird dimana perusahaan dapat memantau dan melacak armadanya dengan pemanfaatan teknologi GPS. Apabila ada pelanggan atau konsumen yang hendak memakai jasa dari perusahaan tersebut maka pihak perusahaan akan melihat terlebih dahulu dimana armada yang jaraknya lebih dekat dengan pelanggan atau konsumen.

Adapun screenshot aplikasi Go-Jek dapat ditampilkan :

Hasil gambar untuk logo aplikasi gojek playstore                                                    Hasil gambar untuk jarak terdekat gojek maps




Seperti hal nya taksi perusahaan ojek online juga mempunyai tarif yang berdasarkan jarak tempuh, contohnya Go-Jek per KM nya Rp 4000. Memang sebelumnya ada perusahaan yang sejenis dengan memakai argo sebagai alat bantu untuk penetapan tarif namun kurang se-booming Go-Jek.


Perkembangan teknologi otomasi adalah penunjang utama pembuatan keputusan di dalam organisasi-organisasi modern. Dalam hal ini, aplikasi teknologi komputer benar-benar telah menandai revolusi peradaban yang memungkinkan pekerjaan-pekerjaan di dalam organisasi dapat diselesaikan secara cepat, akurat, dan efisien.


Prestasi organisasi perusahaan akan ditentukan oleh kemampuan organisasi perusahaan untuk mengambil keputusan berdasarkan informasi yang tersedia. Ibaratnya Sistem Informasi Manajemen tidak bisa lepas dari komputer atau teknologi.



Kelebihan Go Jek


1.Praktis dan Mudah

Cukup dengan mengunduh aplikasi GOJEK dan GRAB TAXI pada google play atau app store ,kita dapat memesan ojek dari mana saja dan kemana saja yang kita mau. Driver akan menuju lokasi yang kita pesan dalam waktu yang ditayangkan pada layar pemesanan.

2.Aman

Hal yang jarang diberikan oleh pengemudi ojek tradisional adalah sebuah keamanan, safety riding. inilah salah satu kelebihan Go-Jekdimana setiap penumpangnya diberikan helm atau pelindung kepala.

3. Ramah dan Sopan

Bagi kamu kamu yang sudah pernah menggunakan jasa GOJEK atau GRAB BIKE, pernahkah kamu memperhatikan bahwa driver ojek online ini selalu berusaha memberikan layanan terbaik? Mereka akan meminta maaf apabila tidak menggunakan jaket perusahaan yang merupakan ciri khas mereka, atau meminta maaf jika stock masker yang biasa disediakan secara gratis habis. Atau ketika mereka telat / lamban dalam menemukan alamat kita, mereka akan meminta maaf karena telah menunggu terlalu lama dan setelah selesai menggunakan jasa mereka pun seringkali diakhiri dengan senyuman dan ucapan terima kasih

4. Terpercaya

Hal paling mencolok dari ojek online atau lebih sering kita kenal GOJEK dan GRAB BIKE adalah ketika kita mendapatkan driver, kita sudah bisa tahu nama, wajah dan nomor telepon dari driveryang akan mengantar kita atau mengantarkan pesanan kita. Hal ini amat sangat meningkatkan kepercayaan kita sebagai konsumen dalam menggunakan jasa ojek berbasis online ini karena kita tidak perlu takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan , jikalaupun iya hal itu dapat diadukan ke pusat ojek online dengan mengadukan nama, dan nomor telepon dari oknum driver tersebut.
Kesimpulannya, baik ojek tradisional maupun ojek online mereka sama-sama mencari nafkah dan membantu kita, kepuasan pelanggan tergantung pada driver itu sendiri bagaimana ia memperlakukan pelanggannya




Kekurangan dari ojek online

1. Server Error

Pernah mencoba memesan ojek online tapi tidak mendapat respon dari aplikasinya? Saya pernah. Ketika mencoba memesan ojek via Go-Jek, aplikasi yang saya gunakan tidak merespon, sehingga saya terpaksa menggunakan moda transportasi yang lain. Konon ini disebabkan salah satunya oleh over load-nya server si aplikasi, akibat tidak bisa menampung banyaknya user dan driver. Error ini juga pernah saya alami ketika mencoba memasukkan kode referral serta menentukan lokasi penjemputan.

2. Tentangan dari Ojek Konvensional

Ternyata kehadiran Ojek Online ini tidak diterima dengan baik oleh semua pihak. Salah satunya yang paling keras bersuara adalah para pengojek pangkalan yang sudah biasa menjajakan jasanya secara konvensional. Selain di Jakarta, saya pernah menggunakan jasa ojek online Go-Jek ini di Cikarang, Bogor dan Bandung. Dan di tiga daerah tersebut beberapa pengemudinya meminta maaf karena tidak berani menggunakan atribut (jaket dan helm) yang seharusnya merupakan identitas bagi si pengemudi, dengan alasan masih riskan jika bertemu tukang ojek konvensional. Beberapa spanduk yang menolak kehadiran ojek online ini, khususnya Go-Jek dan Grab Bike, juga muncul di beberapa titik di kota Bandung dan Jakarta.

3. Tidak bisa memilih Driver

Di aplikasi ojek online ini kita bisa melihat apakah ada ojek yang berada di sekitar kita yang dapat menjemput kita dengan cepat jika order dilakukan. Tapi sayangnya, kita tidak bisa memilih driver mana yang akan kita gunakan. Setelah kita memesan, maka para driver akan "berebut" untuk mendapatkan order tersebut. Saya pernah memesan ojek online di sebuah titik yang cukup strategis di kota Jakarta, dan banyak pengemudi ojek online tersebut yang ada di sekitar lokasi saya, yang saya perkirakan tidak akan mencapai 5 menit untuk dapat menjemput saya. Akan tetapi yang mendapatkan order saya ternyata pengemudi yang lokasinya tidak terlalu dekat, dan benar saja, saya harus menunggu hampir 15 menit sebelum akhirnya dijemput ojek ini. Hal ini juga menjadikan kita tidak dapat memiliki tukang ojeg langganan.

4. Tidak bisa pindah tujuan

Ketika kita sudah di atas motor tukang ojek online ini, maka kita akan diantarkan ke titik lokasi sesuai yang kita pesan di aplikasinya. Kalau di tengah jalan ada perubahan rencana atau panggilan mendadak, maka kita tidak bisa secara serta merta meminta sang pengemudi untuk merubah arah tujuan. Terus terang kalau ini saya belum pernah mengalami, tapi mendapat cerita dari teman saya, kak Matahari Timoer yang harus dua kali berganti moda transportasi karena ada perubahan rencana mendadak ketika sudah berada di atas motor ojek online ini.

5. Tidak menemukan pengemudi ojek

Ya, terkadang setelah pemesanan melalui aplikasi ojek online ini dilakukan, beberapa saat kemudian muncul notifikasi "we can not find a driver". Saya dua kali mengalami ini, pertama ketika mencoba menggunakan Go-Jek di Bandung dan Bogor. Hal ini mungkin disebabkan karena belum banyaknya driver Go-Jek pada saat itu di dua kota tersebut. Akhirnya saya memilih naek angkutan umum lainnya.

6. Standar pelayanan yang sudah tidak lagi standar

Ini saya rasakan di layanan Go-Jek. Ketika baru awal-awal beroperasi, setiap pengemudi Go-Jek yang saya pesan selalu dengan sigap menawarkan masker dan cover kepala sebagai bagian dari layanan ojek online ini. Tetapi belakangan ini hal tersebut semakin langka, jangankan penutup kepala, masker saja kadang mereka tidak tawarkan. Padahal di aplikasinya masih jelas tertulis bahwa hal tersebut merupakan bagian dari layanan ojek online ini. Standard pelayanan di aplikasi sudah tidak menjadi standar para pengemudinya di lapangan.

7. PELANGGARAN PRIVASI!!!

"Selamat pagi cantik"... "Udah makan belum?"... Pesan singkat itu bukan dikirimkan oleh seorang teman atau pacar kepada teman atau pasangannya, tapi oleh pengemudi ojek online kepada pelanggan yang pernah dia antar. Ya, cerita itu sering terdengar di beberapa postingan media sosial. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena aplikasi ojek online ini memungkinkan para pengemudi driver dan penggunanya untuk saling mengetahui nomor handphone masing-masing, tujuannya adalah untuk memudahkan komunikasi ketika proses pemesanan, tapi oleh beberapa oknum pengemudi malah dijadikan alat untuk melanggar privasi pelanggannya.

Metode pembayaran

Aplikasi gojek menggunakan 2 sistem pembayaran yang berbeda

1   1.    Uang elektronik ( GO PAY )
2.    Uang Tunai ( Rupiah ) 

pembayaran penggunaan GO PAY atau pun Tunai akan muncul setelah kita memilih transportasi pilihan kita dan kemana tujuan yang ingin kita kunjungi.

Berikut ini penjelasan lebih mengenai GO PAY :

Cara Registrasi GO-PAY

Untuk menggunakan layanan GO-PAY Anda cukup melakukan instalasi aplikasi GO-JEK pada ponsel Anda dan melakukan isi ulang saldo GO-PAY sesuai dengan kebutuhan.

Fitur Umum GO-PAY

Layanan Transaksi Beragam :

·         Transaksi 24-jam

Lakukan transaksi pembayaran lewat GO-PAY kapan saja dan dimana saja (24-jam).

·         Promo Menarik

Nikmati berbagai promo khusus yang menarik dan beragam dari GO-JEK setiap kali Anda melakukan transaksi menggunakan GO-PAY.

·         Keamanan Terjamin

Seluruh transaksi pembayaran, saldo, dan informasi pribadi Anda dijamin aman karena GO-PAY menggunakan sistem keamanan data yang mutakhir.                                                                
·         Kumpulkan GO-POINTS

Kumpulkan token setiap kali Anda melakukan transaksi pembayaran lewat GO-PAY. Tukarkan token tersebut dengan GO-POINTS dan dapatkan berbagai voucher serta hadiah menarik yang bisa langsung Anda dapatkan.

Cara Cek Saldo GO-PAY

Untuk melakukan pengecekan saldo GO-PAY Anda, cukup masuk ke dalam aplikasi dan bisa langsung lihat di bagian kanan atas yang sudah tertera jumlah saldo yang ada sekarang.

Cara Isi Ulang/Top Up GO-PAY

Untuk melakukan isi ulang/Top Up saldo GO-PAY Anda bisa melakukannya lewat beberapa cara sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Untuk pengisian saldo GO-PAY memiliki jumlah minimum sebesar Rp10.000,-

Top Up GO-PAY Lewat Alfamart

·         Pergi ke kasir alfamart dan minta Top Up GO-PAY (Alfamart / Alfamidi / Lawson / Dan + Dan)
·       
              Sebutkan nomor ponsel Anda.
·         
     Pilih nominal transfer yang Anda inginkan (Pilihan: Rp20.000; Rp50.000; Rp100.000; Rp200.000; Rp300.000; Rp400.000; Rp500.000).
·        
      Lakukan pembayaran ke kasir. Catatan: ada biaya administrasi sebesar Rp2.000,-.
·         
      Kasir akan melanjutkan top up ke akun GO-PAY Anda.

 Harap simpan tanda terima untuk bukti pembayaran Anda. 

KESIMPULAN

Peranan Sistem Informasi Manajemen memberikan kemudahan bagi penggunanya. Di era modern ini Sistem Informasi Manajremen dianggap sangat penting bagi berlangsungnya perkembangan dan bertahannya suatu perusahaan serta memberikan keunggulan kompetitif dalam melawan pesaing bisnis.




Daftar pustaka :

Nursetiawan,Afief : Sistem Informasi Manajemen Bisnis

“IMPLEMENTASI SIM DALAM PERUSAHAAN”'


Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Blogger templates

Popular Posts

Cari Blog Ini