Rabu, 09 Januari 2019

2019-trends-5g
Jaringan 5G telah lama dikembangkan tetapi di tahun 2019 lah prakteknya menjadi kenyataan.
Beberapa pabrikan telah berkomitmen untuk merilis perangkat yang mendukung 5G pada akhir tahun dan beberapa kota akan segera menikmatinya. 
Dalam waktu dekat, hanya ada beberapa kota saja yang akan memiliki opsi untuk menggunakan teknologi seluler yang sangat cepat ini. Ini memberikan waktu kepada pengguna untuk meng-upgradeponsel mereka agar segera dapat terhubung dengan 5G.

Indonesia , akan mengikuti negara maju untuk menggunakan jaringan 5Gbersifat komersial. Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ismail menyatakan Jepang dan Korea mulai memakai jaringan 5G pada 2019.
Menurut Ismail, Indonesia tak serta-merta meninggalkan jaringan 3G dan 4G. Namun, kata dia, Indonesia harus berpartisipasi menjadi pemain global untuk mengembangkan jaringan 5G.
Saat ini, pemerintah sedang membahas soal frekuensi. Pembahasannya dilakukan secara global. Artinya, frekuensi jaringan 5G bakal sejalan dengan kebijakan frekuensi dunia.
Pembangunan jaringan 5G memanfaatkan jaringan infrastruktur telekomunikasi serat optik Palapa Ring. Ismail memaparkan, selain koneksi broadband yang lebih cepat, jaringan 5G dapat menggantikan peran manusia.


Kekurangan:  Seperti halnya teknologi baru, pasti ada beberapa masalah keamanan dan belum banyak smartphone yang mendukung jaringan 5G.

Sumber : 
https://teknologi.id/insight/6-prediksi-tren-teknologi-di-tahun-2019/
https://www.google.com/amp/s/bisnis.tempo.co/amp/1080498/indonesia-resmi-gunakan-jaringan-5g-pada-2019

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Blogger templates

Popular Posts

Cari Blog Ini