Kamis, 14 Maret 2019


Image result for demokrasi

Definisi Demokrasi menurut para ahli:


Abraham Lincoln 
Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.
Charles Costello 
Demokrasi adalah sistem sosial dan politik pemerintahan diri dengan kekuasaan-kekuasaan pemerintah yang dibatasi hukum dan kebiasaan untuk melindungi hak-hak perorangan warga negara.
John L. Esposito 
Demokrasi pada dasarnya adalah kekuasaan dari dan untuk rakyat. Oleh karenanya, semuanya berhak untuk berpartisipasi, baik terlibat aktif maupun mengontrol kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Selain itu, tentu saja lembaga resmi pemerintah terdapat pemisahan yang jelas antara unsur eksekutif, legislatif, maupun yudikatif.

Pengertian Demokrasi

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara berpartisipasi baik secara langsung atau melalui perwakilan dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum
Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara. Demokrasi juga merupakan seperangkat gagasan dan prinsip tentang kebebasan beserta praktik dan prosedurnya. Demokrasi mengandung makna penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia.

Demokrasi di Indonesia

Demokrasi bagi bangsa Indonesia bukan hanya tentang kebebasan. Lebih jauh dari itu Demokrasi Pancasila adalah implementasi penghargaan terhadap kemanusiaan.
Maksudnya demokrasi Pancasila di Indonesia ini bukan hanya sekedar kebebasan melainkan juga saling menghargai. 
Penerapan demokrasi Pancasila lebih mementingkan musyawarah atau mufakat untuk mengambil suatu keputusan atau pun peraturan-peraturan. 

Menurut saya demokrasi itu sangat penting dan berlandaskan keadilan. Maksudnya yaitu terbukanya peluang kepada semua orang. Setiap orang mempunyai hak untuk menentukan sendiri jalan hidupnya, tetapi hak tersebut harus dihormati dan diberikan peluang serta pertolongan untuk mencapai hal tersebut.


Sumber :
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Demokrasi
https://m.wartaekonomi.co.id/berita150494/penerapan-demokrasi-pancasila-hargai-nilai-kemanusiaan-kata-zulkifli.html

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Blogger templates

Popular Posts

Cari Blog Ini